PENGGUNAAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD

Linda, Nurul (2018) PENGGUNAAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Nurul Linda 158620600188.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (170kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman atau penguasaan konsep mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang struktur akar dan fungsinya dengan menggunakan media charta di Kelas IV Semester Ganjil SDN Kalisampurno Tanggulangin Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV pada siklus I sebesar 51,8 dan pada siklus II sebesar 73,1 sehingga dapat dilihat adanya kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas IV dari siklus I ke siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media charta dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media charta, Penguasaan, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:03
Last Modified: 04 May 2018 02:03
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item