PENERAPAN TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI SISWA KELAS II SD

Aliyah, Siti Nur (2018) PENERAPAN TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI SISWA KELAS II SD. PTK A4 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Siti Nur Aliyah_(158620600200).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (583kB)

Abstract

Abstrak Pembelajaran matematika disekolah dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Untuk itu diperlukan model pembeajaran yang sesuai. Pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pai Share) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siwa kelas II SD Terung Wetan.penelitian ini mengunakan teknik penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus II dilakukan dengan 2 kali pertemuan. Metode yang digunakan yaitu metode deskritif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Terung Wetan berjumlah 21 siswa. Sumber data yang didapatkan berasal dari guru dan siswa. analisis data yang digunakan dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data diperoleh pada siklus I dan hasil observasi yang diperoleh pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata 80%, yaitu pada siklus 1 sebesar 57.2% dan siklus II 86,75%. Berdasarkan data tersebut , melalui penerapan model pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran geometri materi bangun datar siswa kelas II SD Terung Wetan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Berfikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 04:14
Last Modified: 04 May 2018 04:14
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item