PENERAPAN METODE DISKUSI SHOW AND TELL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS 3 SD

Kaltsum, Railsa Ivena (2018) PENERAPAN METODE DISKUSI SHOW AND TELL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS 3 SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
RAILSA IVENA K (158620600169).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)

Abstract

Berkomunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Dalam keterampilan berkomunikasi seringkali banyak hambatan dan juga kesulitan. Seperti pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang lebih mengutamakan siswa untuk aktif dalam berdiskusi dan memberikan tanggapan dari hasil diskusi yang dipresentasikan. Dalam permasalahan berikut, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada di kelas dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi pada siswa kelas 3 SD. Di siklus I meliputi tahapan-tahapan : (1) perencanaan (planning) yang meliputi : mempersiapkan RPP sesuai dengan sintaks metode Show and Tell, membuat soal pre-test, membuat LKS berupa lembar diskusi, serta mempersiapkan rubrik penilaian; (2) tindakan (acting) yang meliputi : menjalankan kegiatan sesuai RPP, memberi soal pre-test, mengerjakan LKS, melakukan penilaian pada siswa; (3) observasi (observing) yang meliputi : mengamati kegiatan siswa di dalam kelas serta menilai adanya peningkatan dari metode yang diterapkan oleh peneliti dengan menggunakan lembar observasi; dan (4) refleksi (reflecting) yang meliputi analisis data yang diperoleh dari peneliti dalam kegiatan observasinya. Di siklus II meliputi tahapan-tahapan : (1) Perencanaan yang meliputi : mempersiapkan RPP dengan tema dan pembahasan yang berbeda dari yang sebelumnya ada di siklus I, mempersiapkan pre-test, dan mempersiapkan lembar diskusi dengan tema dan pembahasan yang berbeda; (2) Tindakan yang meliputi : mengerjakan soal pre-test, menjelaskan materi baru yang nantinya akan dijadikan soal diskusi, melakukan diskusi secara kelompok; (3) Pengamatan yang meliputi : kegiatan pembelajaran siswa dengan berdiskusi kelompok tentang cerita “Dompet Ayah” dengan menceritakan kembali dan memberikan tanggapan; (4) Refleksi yang meliputi : hasil dari pre-test.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: show and tell, keterampilan berkomunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:39
Last Modified: 04 May 2018 01:39
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item