PENERAPAN CPS MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS 5 SD

Fatoni, Ihfan Ali (2018) PENERAPAN CPS MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS 5 SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
IHFAN ALI FATONI, 1568620600168, PGSD A4 FIXS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)

Abstract

Pembelajaran Matematika di kelas Va SDN Jati Sidoarjo pada materi bangun ruang, karena proses pembelajaran yang terjadi di kelas V tersebut guru tidak memberi kebebasan terhadap siswa untuk mengungkapkan pendapatnya dalam menyelesaikan soal - soal, hal ini mengakibatkan ketrampilan berfikir kritis siswa belum muncul dan hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada materi bangun ruang pada kelas Va SDN Jati Sidoarjo dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran CPS (creative problem solving). Penelitian ini dilaksanakan di kelas Va SDN Jati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang di kembangkan oleh Kemmis dan Tagard yang terdiri dari 2 siklus yang meliputu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model pembelajaran CPS (creative problem solving) berhasil di terapkan dalam pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan ketrampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil observasi nilai belajar melalui penerapan model pembelajaran CPS (creative problem solving) melalui pre-test dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5% sedangkan melalui lembar LKK mengalami peningkatan sebesar 7%. Jadi siswa lebih mengalami peningkatan dari lembar LKK dari pada pre-test dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CPS (Creative Problem Solving), berfikir kritis, bangun ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:51
Last Modified: 04 May 2018 01:51
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item