Jannah, Novita Wardatul (2018) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA SD KELAS 5. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Novita Wardatul Jannah 158620600178.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (163kB) |
Abstract
Permasalah pembelajaran IPS kelas V SDN Jedung Cangkring yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru, pembelajaran belum memusatkan siswa belajar secara aktif, siswa kurang minat dalam pembelajaran IPS, guru tidak pernah menerapkan model/metode pada waktu pembelajaran IPS, nilai masih belum maksimal, kualitas pembelajaran masih belum meningkat, kurang memotivasi siswa. Dari masalah ini akan diberlakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk meningkankan kualitas pembelajaran IPS yang akan diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing meliputi aktivitas belajar siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa, dan meningkatkan penilaian siswa. Penilain siswa juga masih belum maksimal hanya 80% siswa yang mendapat nilai diatas KKM (77). kualitas pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa dan pemahaman siswa berdasarkan kompetensi dasan dan indikator yang harus dicapai, serta kinerja guru yang mendukung proses pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan pada siswa SD kelas V Jedung Cangkring kuaitas pembelajaran masih belum meningkat, pembelajaran masih dominan pada guru dimana siswa hanya di suruh menghafal seperti menghafal UUD, Proklamasi Kemerdekaan dll. Jadi siswa kurang menarik dengan pembelajaran IPS. Didalam pembelajaran IPS guru juga tidak menggunakan model/metode shingga siswa kurang menarik dalam pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran Snowball Throwing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 01:57 |
Last Modified: | 04 May 2018 01:57 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2969 |
Actions (login required)
View Item |