PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ILMU TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KEBOANSIKEP

Wahyuningsih, Fitri PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ILMU TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KEBOANSIKEP. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
FITRI WAHYUNINGSIH (158620600113).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46kB)

Abstract

Pembelajaran IPS saat ini khususnya di Sekolah Dasar (SD) tampaknya masih belum sepenuhnya mengacu pada keterpaduan kondisi sosial secara riil yang saat ini semakin berkembang di Indonesia, seperti pengikisan niali moral bangsa, krisis kepercayaan, hak asasi manusia (HAM), keadilan. Cara penyajian mata pelajaran IPS tingkat sekolah dasar masih bergantung pada materi yang tertulis dalam kurikulum serta buku teks (buku paket), sehingga pada saat PBM (proses belajar mengajar) berlangsung guru hanya semata-mata mengejar target ketuntasan materi sesuai yang sudah ditetapkan pada aturan kurikulum. Sedangkan implikasinya bagi siswa bahwa belajar IPS hanya sebagai bekal saja untuk menghadapi ulangan harian, ujian tengah semester (uts), serta ujian akhir semester (uas). Oleh karena itu, penulis melakukan tindakan penelitian yang bersifat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana PTK merupakan salah satu jenis penelitian yang berupaya memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pengajar atau pendidik (guru atau dosen) yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelasnya sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini menggunakan 2 siklus secara keseluruhan, dimana pada masing-masing siklus dalam penelitian ini dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan. Pada siklus 1 peneliti melaksanakan tahap-tahap dengan baik untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas IV SDN Keboansikep 1 pada mata pelajaran IPS. Sedangkan pada pertemuan 2 dirasa penerapan model ITM ini sudah berhasil karena indikator capaian keberhasilan sudah terlaksana dengan baik. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan selama 2 hari di SDN Keboansikep 1 Kecamatan Sidoarjo, maka dapat diambil kesimpulan bahwasannya penerapan model pembelajaran ITM pada mata pelajaran IPS di kelas IV sangatlah berdampak positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran ilmu teknologi masyarakat, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 09:53
Last Modified: 03 May 2018 09:53
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item