Penerapan Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Dani, Okvi Anggar Penerapan Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
OKVI ANGGAR DANI (158620600076).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (157kB)

Abstract

Mata pelajaran metmatika perlu diberikan pada jenjang sekolah dasar, bertujuan untuk mampu memecahkan maslah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mata pelajaran matematika mengkaji kemampuan menghitng, meliputi kegiatan belajar menghitung diantaranya menjumlahkan, mengurangi, membagi, mengkalikan; memahami bentuk geometri dan mngukur bentuk geometri perlu diberikan kepada peserta didik dimulai dari tingkat pendidikan sekolah dasar sebagai bekal agar mampu berfikir dengan logika, sistematis, kretif dan krtis. Namun perlu juga mengena bilangan caca, materi bilangan romawi terdapat bilangan cacah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil peningkatan hasil belajar materi bilangan bilangan romawi melalui pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SDN Gamping 02 Krian. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas menurut Kemmish & MacTaggart. Menurut Kemmis & Mac Taggart terdapat 2 siklus, diantaranya terdiri dari siklus 1 dan siklus 2. Didalamnya terdapat langkah- langkah merencanakan, observasi, penelitian tindakan dan reflesi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gamping 02 Krian. Dengan subjek seluruh siswa kelas IV SDN Gamping 02 Krian. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes yang berupa tes tertulis. Dari hasil penelitian menunjukkan pada materi bilangan romawi melalui model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa , setelah terjadinya penelitian. Rata-rata pada siklus 1 sebesar 71,4 dan sikus 2sebesar 90. Berdasrkan hasil siklus tindakan yang sudah dilakukan, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Dengan memperoleh hasil presentase 100 % dengan seluruh siswa kelas IV telah memenuhi kriteria ketuntasan Minimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bilangan Romawi, Pembelajaran Langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 09:45
Last Modified: 03 May 2018 09:45
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item