PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE UNTUK KEAKTIFAN DAN MENANAMKAN KARAKTER DALAM PEMBAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA

Larasati, Tiara PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE UNTUK KEAKTIFAN DAN MENANAMKAN KARAKTER DALAM PEMBAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
TIARA LARASATI (158620600112).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (327kB)

Abstract

Penanaman karakter pada peserta didik sangatlah diperlukan adanya untuk membangun penerus bangsa yang lebih berkarakter kedepannya. Sering dijumpai pada setiap proses pembelajaran guru hanya menekankan pada penilaian kognitif saja tanpa menghiraukan adanya aspek lain yang juga penting, yaitu aspek kognitif dan psikomotor. Dimana didalam aspek tersebut dapat memebentuk dan melatih peserta didik menjadi lebih nilai-nilai yang luhur atau berkarakter. Penanaman karakter di sekolah dimulai dari kelas yang dibentuk dan dibiasakan oleh pendidik. Oleh karena itu pendidik dituntut dapat menyampaikan nila-nilai yang terdapat pada setiap materi pelajaran yang diajarkan. Namun pada kesempatan kali ini pembahasan mengarah pada materi suku bangsa dan budaya, yang mana dilakukannya penerapan pembelajaran VCT untuk mengethui keaktifan dan penanaman karakter pada peserta didik, untuk nantinya lebih ditingkatkan lagi. Pada tes awa menunjukkan hasil kurang memuaskan, namun setelah diterapkannya model VCT pada siklus pertama hasil yang didapatkan cukup memuaskan, hingga akhirnya pada siklus kedua pengamat dan pendidik berhasil mencapai tujuan penilaian yang diinginkan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: VCT, Penanaman Karakter, Keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:56
Last Modified: 03 May 2018 08:56
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2951

Actions (login required)

View Item View Item