Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas IV

Heraspin, Avisha Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas IV. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Avisha Heraspin (158620600082).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SDN Candi Pari 2 Sidoarjo dalam pembelajaran IPS materi tentang permasalahan sosial belum mencapai kriteria yang diharapkan. Hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Candi Pari 2 Sidoarjo yang rendah dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajarnya siswa hanya pasif saja saat dalam kegiatan pembelajaran karena gurunya tidak membuat siswanya menjadi aktif, pembelajarannya dapat dikatakan pembelajarannya lebih berpusat pada guru, sehingga peserta didik jarang komunikasi dengan temannya untuk membahas materi dan susah untuk mengeluarkan pendapatnya. Untuk menyelesaikan permasalah tersebut perlu adanya sebuah solusi yang tepat yakni penerapan Reciprocal Teaching. Tujuan penelitian ini ada 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Candi Pari 2 dengan penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini dilakukan dalam 2 tindakan yang terdiri dari 2 siklus yang di lakukan dalam 2 kali pertemuan. Di dasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Peningkatan tersebut ditandai dengan: (1) hasil tes belajar yang meningkat, (2) aktivitas siswa di kelas menjadi lebih aktif, (3) siswa lebih berani untuk mengeluarkan pendapatnya, dan (4) solusi yang diberikan atas permasalahan yang diberikan oleh peneliti dapat dijelaskan secara lebih rinci dan jelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: reciprocal teaching, hasil belajar, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:42
Last Modified: 03 May 2018 08:56
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item