PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK BERANTAI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Avisha, Ivon Dwi PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK BERANTAI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
IVON DWI AVISHAA (158620600104).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seorang peserta didik dalam menulis puisi di sekolah dasar. Latar belakang dari penelitian ini adalah pada anak usia SD masih banyak dijumpai siswa kurang paham dalam hal menuliskan puisi. Penulis menawarkan teknik berantai untuk dijadikan sebgai media dalam pembelajaran bahasa Indonesia agar supaya lebih meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Selama kegiatan observasi bisa dikatakan berhasil karena sudah terbukti bahwa dengan menggunakan teknik permainan berantai dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas III dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi menulis puisi dengan tema yang sudah ditentkan di SDN Keboan Sikep 1 Kecamatan Gedangan. Hal ini dibuktikan oleh hasil nilai rata – rata kriteria ketuntasan minimum atau (KKM) yang semakin meningkat pada pelaksanaan observasi di setiap siklusnya. Sebelum pelaksanaan kedua siklus, nilai rata – rata KKM peserta didik masih sangat rendah sekali yaitu hanya sebesar 65,55% saja. Nilai tersebut masih jauh dalam kriteria nilai KKM yaitu minimum 75. Kemudian pada pelaksanaan siklus I ditemukan rata – rata nilai sebesar 71,48%. Dengan nilai tersebut peserta didik sudah dikategorikan mampu untuk membuat puisi namun nilai tersebut masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Maka perlu diadakannya siklus yag ke II. Pada saat pelaksanaan siklus yang II nilai rata rata pesrta didik mengalami peningkatan yang snagat signifikan. Pada siklus ini nilai rata – rata siswa sebesar 82,53%. Nilai tersebut dapat dikategorikan sangat baik. Karena nilai rata – rata peserta didik mencapai 80, maka penelitian tindakan kelas atau (PTK) tersebut dapat dikatakan sudah berhasil atau sudah terbukti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis puisi, teknik berantai, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:46
Last Modified: 03 May 2018 08:53
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item View Item