PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN PARAGRAF PADA KELAS III SDN KEBOANSIKEP

Inayatun, Sofrowati PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN PARAGRAF PADA KELAS III SDN KEBOANSIKEP. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SOFROWATI INAYATUN (148620600123).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (295kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu kegiatan manusia yang harus tetap dilatih untuk dapat melakukan komunikasi secara tidak langsung, serta agar dapat mengeluarkan ide atau gagasan yang dituangkan dalam bentuk tertulis. Salah satu kendala keterampilan menulis adalah masih rendahnya kreativitas guru dalam menyajikan pembelajaran bahasa yang inovatif. Hal ini dapat mengakibatkan siswa mudah bosan dan tidak memahami materi yang diberikan saat proses belajar mengajar. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas III tahun ajaran 2017/2018 di SDN Keboansikep I Gedangan yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode, yaitu Metode tes, observasi dan angket. Oleh karena itu, pada penelitian ini dibutuhkan tiga instrument penelitian, yaitu Tes hasil belajar, Lembar observasi dan Angket. Perolehan hasil presentase belajar siswa dapat diketahui bahwa siswa yang tergolong dalam kategori tuntas pada tes pendahuluan hanya 48,38% (15 Siswa), siklus I sebesar 77,41% (24 Siswa) sedangkan pada siklus II mencapai 90,32% (28 Siswa). Dengan hasil yang didapatkan, maka hasil belajar siswa telah tergolong tuntas, dan mengalami peningkatan sebesar 12,91%. Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menyusun paragraph pada siswa, selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang didukung oleh respons positif terhadap model pembelajaran Concept sentence pada siswa kelas III SDN Keboansikep I Gedangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, menyusun paragraf, Concept Sentence, kreativitas guru, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:31
Last Modified: 03 May 2018 08:46
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item View Item