Rachmawati, Suci PENERAPAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKN PADA MATERI KEDISIPLINAN SISWA KELAS II. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Suci Rachmawati (158620600120).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah pada pembelajaran pkn di SDN Celep 1 adalah rendahnya aktivitas belajar pkn. Namun masalah lainnya yang terjadi di dalam kelas II yaitu aktivitas pembelajaran belum optimal dalam penyampaian materi, minat siswa terhadap pembelajaran pkn yang rendah, bahkan ada yang tidak mengerjakan tugas. Sehingga masalah tersebut mengacu pada rendahnya aktivatas belajar pkn pada materi kedisiplinan. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan penerapan probing prompting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan probing prompting dapat meningkatkan aktivitas belajar pkn pada materi kedisiplinan siswa kelas II?. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan dalam siklus-siklus yang dikembangkan tahapan-tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I di dalam pembelajaran pkn berdasarkan aktivitas belajar 75%. Hal ini menandakan bahwa dari 30 peserta didik, hanya 18 peserta didik yang tuntas mencapai KKM. Dan untuk siklus II ini mengalami peningkatan mencapai presentasi 95%. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan aktivitas belajar pada tiap siklusnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Probing Prompting, Aktivitas Belajar Pkn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 03 May 2018 08:23 |
Last Modified: | 03 May 2018 08:43 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2934 |
Actions (login required)
View Item |