MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIMETRI PUTAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING

Qodaryanti, Feni Laila MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIMETRI PUTAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
FENI LAILA QODARYANTI (158620600108).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika 2. untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam menyampaikan materi pada peserta didik, 2. untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam menggunkan media saat proses pembelajaran, 3. Untuk menigkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Posing. Dan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, yaitu dimana masing-masing pada siklus melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kemudian subjek penelitian ini dilakukan pada SDN CELEP 1 Sidoarjo pada siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 17 siswa putri dan 13 siswa putra. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa diperoleh melalui tes peilaian post test. Kemudian analisis dari hasil belajar siswa setelah tindaakan siklus 1 dapat diketahui bahwa nilai rata-rata yang di peroleh yaitu 65,17 dan nilai tersebut masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan ketuntasan pemahaman belajar klasikal mencapai 35 %. Maka perlu dilakukannya siklus yang ke II. Pada saat dilakukan tindakan siklus II nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus ini nilai rata-rata siswa yang diperoleh yaitu 82,51 dengan ketuntasan pemahaman belajar klasikal 86,52% nilai tersebut sudah dapat dikategorikan sangat baik karena, nilai rata-rata peserta didik mencapai 80. Maka, penelitian tindakan kelas (PTK) ini. Dari hasil analisis pemahaman belajar siswa pada tindakan siklus I dapat diperoleh hasil 50 % yang tergolong dalam kriteria cukup. Dan pada siklus II aktivitas siswa mecapai 73,33 % dengan kriteria baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem posing, Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:16
Last Modified: 03 May 2018 09:13
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2932

Actions (login required)

View Item View Item