PENERAPAN MODEL RME( REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION ) UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR LOGIS SISWA KELAS IV SDN TROMPOASRI

Sakdiyah, Khalimatus PENERAPAN MODEL RME( REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION ) UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR LOGIS SISWA KELAS IV SDN TROMPOASRI. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muihammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
KHALIMATUS SAKDIYAH (158620600116).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN TrompoAsri dengan mengambil siswa kelas IV . Proses pembelajaran matematika yang dilakukan guru pada kelas IV menjadi persoalan yang menarik untuk di diskusikan. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa kelas IV SDN Trompoasri melalui penerapan model RME ( Realistic Mathematic Education ). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Trompoasri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berfikir logis, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data yang diperoleh langsung dari hasil pengamatan lembar observasi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan model RME. Berdasarkan analisis terhadap jawaban siswa kemampuan berfikir logisnya cukup memadai hanya. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Peningkatan yang terjadi pada siklus I ke siklus II sebesar 30%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Realistic Matematic Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa kelas IV SDN Trompoasri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Realistic Matematic Education, Berpikir logis, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:15
Last Modified: 03 May 2018 08:40
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item