PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH SEBUAH SOLUSI MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Harisdiana, Avi PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH SEBUAH SOLUSI MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
AVI HARISDIANA_ 158620600095.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian bersusun dengan menggunakan model pembelajaran make a match di kelas III SDN Gamping 02. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan alat pengumpulan data yang berupa lembar obserasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil aktiitas belajar siswa pada siklus I skor yang di peroleh setelah menggunakan model a match diperoleh rata – rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 75.27% dan pada siklus II menggunakan model make a match diperoleh rata – rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 78%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa di peroleh pada siklus I setelah menggunakan model make a match adalah 38.46% pada siklus II setelah menggunakan model make a match adalah sebesar 96.15%. Dengan demikian maka penggunaan model pembelajaan kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas III SDN Gamping 02.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model Make A Match, Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:21
Last Modified: 03 May 2018 08:21
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item