PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMAHAMAN MATERI KELAS III SDN CELEP 1

Devi, Rosa Anjar PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMAHAMAN MATERI KELAS III SDN CELEP 1. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Rosa Anjar Devi (158620600094).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model explicit intruction yang dapat menigkatkan keterampilan pemahaman materi siswa kelas III SDN Celep 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti dan dan subyek penelitiannya adalah kelas III. adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan II. Hasil penelitian menujukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan pemahaman materi. Pada siklus I dalam proses belajar melakukan sesuatu tentang berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca mencapai persentase 75%. Hal tersebut menunjukan bahwa dari 26 siswa, hanya 20 pesertadidik yang sudah mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan mencapai presentasi 100%. Hal ini menunjukan bahwa dari 26 siswa sudah memenuhi kriteria mencapai KKM.. Hal tersebut menunjukan bahwa dari 26 siswa sudah memenuhi kriteria mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut telah terjadi peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Pemahaman Materi, Explicit Instruction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 07:59
Last Modified: 03 May 2018 08:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item View Item