Devi, Rosa Anjar PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMAHAMAN MATERI KELAS III SDN CELEP 1. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Rosa Anjar Devi (158620600094).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (257kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model explicit intruction yang dapat menigkatkan keterampilan pemahaman materi siswa kelas III SDN Celep 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti dan dan subyek penelitiannya adalah kelas III. adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan II. Hasil penelitian menujukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan pemahaman materi. Pada siklus I dalam proses belajar melakukan sesuatu tentang berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca mencapai persentase 75%. Hal tersebut menunjukan bahwa dari 26 siswa, hanya 20 pesertadidik yang sudah mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan mencapai presentasi 100%. Hal ini menunjukan bahwa dari 26 siswa sudah memenuhi kriteria mencapai KKM.. Hal tersebut menunjukan bahwa dari 26 siswa sudah memenuhi kriteria mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut telah terjadi peningkatan pada setiap siklusnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Pemahaman Materi, Explicit Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 03 May 2018 07:59 |
Last Modified: | 03 May 2018 08:11 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2925 |
Actions (login required)
View Item |