PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS III

Sari, Vivin Novita PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS III. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muihammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
VIVIN NOVITA SARI (158620600099).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (459kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada hari Sabtu tanggal 14 April 2018 yang dilakukan pada siswa kelas III MI. Raudlatul Muta’allimin I Wonokasian dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), telah ditemukan suatu permasalahan diantaranya adalah siswa sulit memahami suatu materi pelajaran, aktivitas siswa cenderung berpusat pada guru atau pasif, hasil belajar siswa rendah, di bawah KKM, siswa tidak berani bertanya atau menyampaikan suatu pendapat, dan tidak adanya suatu media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari 30 siswa diketahui nilai siswa sekitar 50% dinyatakan belum tuntas dengan nilai di bawah KKM dan 50% dinyatakan tuntas dengan nilai 75 ke atas. Nilai tertinggi yang diperoleh yaitu 80 dan nilai terendah adalah 55. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan rubrik penskoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah sebagai berikut observasi, dokumenter, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa penerapan model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui hasil tes baik tes secara lisan maupun tes tulis. Pada hasil siklus I ke siklus II ditunjukkan ketuntasan belajar sebesar 16,73% dengan nilai 90 pada tes tulis. Sedangkan pada data hasil tes lisan dalam siklus I ke siklus II ditunjukkan ketuntasan belajar sebesar 14,91 %.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, model talking stick (tongkat berbicara), hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 07:52
Last Modified: 03 May 2018 07:52
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2924

Actions (login required)

View Item View Item