PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA BELAJAR BAHASA INGGRIS

Fatmawati, Hesty Ari PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA BELAJAR BAHASA INGGRIS. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
HESTY ARI F (158620600091).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya kreatifitas penyampaian materi pada peserta didik dan kurangnya penggunaan media yang digunakan saat proses pembelajaran, selain itu juga kurangnya pemahaman peserta didik saat guru menyampaikan materi. Kemudian sarana dan prasarana di dalam kelas juga membuat peserta didik merasa bosan. Peneliti melakukan penelitian ini dengan bertujuan mengangkat nilai kreatifitas tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pada peserta didik, untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam menggunkan media saat proses pembelajaran, untuk menigkatkan pemahaman peserta didik melalui model pembelajaran TAI, dapat mengangkat pemahaman dalam proses pembelajarn peserta didik. Peneliti menggunakan tiga siklus dalam penelitian yang terdiri atas tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang diteliti yaitu pada MI Raudlatul Muta’alimin I wonokasian pada siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa. Data yang diperoleh dari hasil pemahaman belajar siswa melalui tes peilaian posttest. Analisis dari hasil pemahaman siswa setelah tindakan siklus 1 diketahui bahwa rata-rata yang di peroleh 53,57 pemahaman nilai kriteria ketuntasan maksimal dapat mencapai 25 %. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 72,31 dengan kriteria ketuntasan maksimal pemahaman belajar 76,92%, di siklus III 89,64 sehingga nilai kriteria ketuntasan maksimal pemahaman belajar 96,43%. Dari hasil penelitian yang di teliti pemahaman belajar peserta didik pada tindakan siklus I mencapai hasil 60 % dengan kriteria yang di berikan cukup. Dan siklus II aktivitas siswa mecapai 73,33 % dengan kriteria yang di berikan baik, sedangkan pada siklus III mencapai 87% dengan kriteria yang di berikan amat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization,Pemahaman Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 07:46
Last Modified: 03 May 2018 08:27
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item View Item