Siwi, Candra Ayu Raka PENERAPAN VCT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CELEP I SIDOARJO. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Candra Ayu Raka Siwi (158620600071).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (134kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas IV SDN Celep I Sidoarjo pada tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” dengan subtema 2 “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” melalui penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan masing-masing satu kali pertemuan pada setiap siklus dengan alokasi waktu 2 x 35 menit. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Kemmis & McTaggart yang dikembangkan dari model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) milik Kurt Lewin, dengan empat komponen yang dimiliki dalam pelaksanaannya, yaitu: 1) Perencanaan (planning), 2) Tindakan (acting), 3) Observasi (observing), dan 4) Refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Celep I Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan VCT (Value Clarification Technique) dapat dikatakan meningkatkan efektivitas belajar pada siswa kelas IV SDN Celep I Sidoarjo. Peningkatan tersebut ditandai dengan 1) Menurunnya peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yang ditandai dengan penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique), sehingga peran guru tidak terlalu mendominasi, 2) Meningkatnya aktivitas siswa yang ditandai dengan keaktifan siswa pada saat proses kegiatan belajar berlangsung, 3) Meningkatnya hasil belajar pada tema “Indahnya Keragaman di Negeriku” dengan subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku”.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VCT (Value Clarification Technique), efektivitas belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 03 May 2018 07:30 |
Last Modified: | 03 May 2018 08:00 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2918 |
Actions (login required)
View Item |