PENERAPAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN

Nadhiroh, Khilmiyatun PENERAPAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
KHILMIYATUN NADHIROH_158620600117.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung perkalian bersusun panjang dengan dibantu penerapan model Student Fasilitator and Explaining. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian tindakan kelas.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan pemahaman materi. Pada siklus I dalam pembelajaran melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk langkah – langkah yang telah meningkat secara signifikan. Subjek penelitian ini berjumlah 26 siswa. Penelitian yang dilakukan mengacu pada penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dalam proses penelitiann tindakan kelas diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model student fasilitator and explaining dapat meningkatkan pemahaman siswa pada operasi hitung perkalian bersusun panjang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan pemahaman dan model Student Fasilitator and Explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 06:55
Last Modified: 03 May 2018 06:55
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item View Item