POSTER PENELITIAN: Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD

Amir, Mohammad Faizal POSTER PENELITIAN: Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. In: Hibah RISTEKDIKTI dengan skema Penelitian Dosen Pemula Tahun 2017.

[img] Image
Poster domica fix.jpg
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Poster penelitian ini merupakan rangkuman secara visual, penelitian dengan judul “Pengembangan Kartu Domica (Domino Pecahan) Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD” yang mendapatkan hibah RISTEKDIKTI tahun 2017 dengan skema Penelitian Dosen Pemula. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kartu domica berbasis open ended yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar pada materi pecahan dan mengetahui hasil pengembangannya. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari: (1) Investigasi awal, (2) Desain, (3) Realisasi/konstruksi, (4) Pengujian, Evaluasi, dan Revisi, (5) Implementasi. Hasil uji coba dan implementasi kartu domica berdasarkan model Plomp dapat disimpulkan bahwa pengembangan kartu domica berbasis open ended untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar menghasilkan dua set kartu domica sub materi pecahan biasa dan pecahan campuran, serta satu set kartu domica yang terdiri dari seluruh sub materi pecahan (pecahan biasa, persen, dan desimal) yang masing-masing berisi 66 kartu. Kartu domica berbasis open ended hasil uji coba berkualitas baik karena telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan untuk melatihkan kreativitas siswa dalam aspek kefasihan, fleksibiltas, elaborasi, dan kebaharuan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Poster)
Uncontrolled Keywords: Poster, Kartu, Domica, Open Ended, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 01 May 2018 06:44
Last Modified: 01 May 2018 06:56
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item