PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK A di RA AL – AHMAD SIDOARJO

justina, sopie (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK A di RA AL – AHMAD SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
sopie justina (pg-paud) - 138620700038.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan membaca Anak Usia Dini harus distimulasi dengan baik dan benar dengan tidak melupakan prinsip pembelajaran Anak Usia Dini dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan, minat dan karateristik anak. Oleh karena itu digunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk mengembangkan kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif desain eksperimen, dengan rancangan penelitian True Eksperimental Designdalam bentuk Posttest Only Design.Penelitian ini dari dua variabel yaitu variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan variabel terikat kemampuan membaca permulaan pada anak. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 38 anak yang terdiri dari 19 anak kelompok A1 sebagai kelompok eksperimen dan 19 anak kelompok A2 sebagai kelompok kontrol yang berusia 4-5 tahun pada kelompok A di RA Al - Ahmad. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini di analisis dengan menggunakan uji t-test diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (16,288> 2,028), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan membaca permulaan pada kelompok A di RA Al – Ahmad

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: Model ; Pembelajaran ; Kooperatif ; Tipe ; Make ; a ; Match ; Kemampuan ; Membaca ; Permulaan ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Depositing User: paud paud umsida
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:29
Last Modified: 11 Apr 2018 08:29
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item