PENGARUH PERMAINAN MENEBAK HURUF BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA TK A di PAUD SABITUL AZMI TULANGAN

nurrochma, lisa (2018) PENGARUH PERMAINAN MENEBAK HURUF BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA TK A di PAUD SABITUL AZMI TULANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi_universitasmuhammadiyahsidoarjo_2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Kemampuan mengenal hururf pada Anak Usia Dini harus dikenalkan dengan cara yang kreatif dan tidak membosankan , serta dengan stimulasi yang baik dan benar sesuai dengan tingkat perkembangan dengan tidak melupakan prinsip pembelajaran pada Anak Usia Dini. Oleh karena itu digunakan media permainan untuk membantu Anaka Usia Dini dalam mengenal huruf vokal dan konsonansecara optimal salah satunya dengan permainan Menebak Huruf Berbasis Komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif desain eksperimen, dengan rancangan penelitian True Eksperimental Designdalam bentuk Posttest Only Design.Penelitian ini dari dua variabel yaitu variabel bebas yaitu permainan menebak huruf berbasis komputer dan variabel terikat kemampuan mengenal huruf. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 anak yang terdiri dari 15 anak kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak kelompok B2 sebagai kelompok kontrol yang berusia 4-5 tahun di PAUD Sabitul Azmi Tulangan. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini di analisis dengan menggunakan uji t-test diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel ( 50,183> 2,048 0 ), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan menebak huruf berbasis komputer terhadap kemampuan mengenal huruf pada TK A di PAUD Sabitul Azmi Tulangan. Kata Kunci : Permainan Menebak Huruf Berbasis Komputer, Kemampuan Mengenal Huruf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Permainan ; Menebak ; Huruf ; Berbasis ; Komputer ; Kemampuan ; Mengenal ; Huruf;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Depositing User: paud paud umsida
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:22
Last Modified: 11 Apr 2018 08:22
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item