Analisis Kesulitan Tarjamah Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab pada Mata Kuliah Tarjamah II di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Syahidah, Salma Faizah (2018) Analisis Kesulitan Tarjamah Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab pada Mata Kuliah Tarjamah II di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI FULL LENGKAP pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyak mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Arab yang merasa kesulitan menerjemahkan beberapa teks bahan ajar pada mata kuliah Tarjamah II, dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengetahui penyebab kesulitan tarjamah dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menterjemahkan teks. Saya menulis penelitian ini untuk menyerahkan syarat dari syarat-syarat kelengkapan kelulusan guna memperoleh ijazah strata satu (S.Pd.I) di program studi bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan saya ingin meneliti tentang analisis kesulitan menerjemahkan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia pada mata kuliah Tarjamah II di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis data kualitatif , dan subyek penelitiannya adalah mahasiswa semester VI program pendidikan bahasa arab yang mengambil mata kuliah tarjamah II di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dan metode pengumpulan datanya adalah melalui wawancara dengan mahasiswa semester VI program pendidikan bahasa arab yang mengambil mata kuliah tarjamah II di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, kemudian melakukan observasi dan dokumentasi dan analisis datanya menggunakan model interaktif dari Miles dan Hubberman. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa semester VI program pendidikan bahasa arab yang mengambil mata kuliah tarjamah II di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo memiliki tingkat kesulitan yang beragam, tergantung dari faktor intrinsik dan ekstrinsik dari dalam diri mahasiswa tersebut. Adapun faktor-faktor kesulitan tersebut dapat diminimalisir dengan adanya faktor-faktor penunjang seperti kamus yang memadai dan sesuai dengan tingkat kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa, serta lingkungan kondusif dan mendukung untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kesulitan; Tarjamah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education
Depositing User: pba umsida
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:06
Last Modified: 11 Apr 2018 02:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item