IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS III DI SDN SEMAMPIR I SIDOARJO

Maharani, Nurita Dwi (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS III DI SDN SEMAMPIR I SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 138620600101.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa pada ranah kognitif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dapat dibuktikan dari hasil Ulangan Harian yang mana nilainya tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan kondisi siswa yang kurang aktif, kurang antusias, siswa kurang diberi kesempatan untuk mengalami dan memperoleh sendiri pengetahuannya pada proses pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif, guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran dan tidak menerapkan metode pembelajaran yang bermakna. Untuk menanggapi masalah tersebut maka peneliti memberi solusi untuk melakukan suatu penelitian untuk mengetahui model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III pada pokok bahasan materi menulis karangan sederhana narasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Kuantitatif Deskriptif. Teknik Sampling yang digunakan peneliti adalah teknik sampling Jenuh dengan populasi berjumlah 25 siswa kelas III SDN Semampir I Sidoarjo, serta menggunakan lembar tes. Hasil perbandingan nilai mean model pembelajaran langsung 52,76 dan mean keterampilan menulis 82,52.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:05
Last Modified: 10 Apr 2018 06:05
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2848

Actions (login required)

View Item View Item