arinda, avina rizka (2018) Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas III Di SDN Klanting Sari II, kecamatan Tarik. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
skripsi full perpus pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini yang berjudul Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas III Di SDN Klanting Sari II, kecamatan Tarik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran sehingga anak didik kurang merespon pembelajaran yang di sampaikan hal ini berdampak pada nilai hasil belajar kognitif anak yang sedikit kurang diatas standar pada mata pelajaran IPA, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari metode hypnoteaching terhadap hasil belajar kognitif dalam mata pelajaran IPA kelas III Di SDN Klanting Sari II, Kecamatan Tarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuntitatif dengan Statistik Deskriptif dengan metode penelitian eksperimen jenis Pre Exsperimental Design yang memiliki dua variabel yaitu variabel bebas dan terikat variabel terikat dalam penelitan ini adalah metode hypnoteaching sedangkan variabel bebasnya adalah hasil belajar kognitif dalam mata pelajaran IPA kelas III Di SDN Klanting Sari II, Kecamatan Tarik. Dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh anak didik kelas III yang berjumlah 18 anak didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif pretest-posttest. Berdasarkan perhitungan perhitungan normalitas dengan bantuan SPSS versi 22 dengan uji Shapiro-wilk dengan nilai pretest sig= 0,401 > α= 0,05 (5%), sedangkan nilai posttest sig= 0,075 > α= 0,05 (5%) maka data tersebut memiliki distribusi normal. Sedangkan uji t di peroleh thitung 4,330 dan dikonsultasikan dengan taraf signifikan 5% db = 18 – 1 = 17) maka di peroleh ttabel 1,740. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa thitung 4,330 > ttabel 1,740. Sehingga ha diterima ho ditolak sehingga penelitian tersebut menyatakan bahwa adanya pengaruh dari metode hypnoteaching terhadap hasil belajar kognitif dalam mata pelajaran IPA kelas III Di SDN Klanting Sari II, kecamatan Tarik. Terbukti berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan rumus eta squared bahawa eta squared lebih besar dari 0,14 yaitu 0,5244 > 0,14 dapat di simpulkan bahwa ter dapat pengaruh yang signifikan dari metode hypnoteaching terhadap hasil belajar kognitif dalam mata pelajaran IPA kelas III Di SDN Klanting Sari II, kecamatan Tarik. Kata Kunci : Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar Kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Metode;Hypnoteaching; Hasil; Belajar; Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 04:34 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 04:34 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2814 |
Actions (login required)
View Item |