PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV DI SDN CANDI PARI 1 SIDOARJO

ALMAGHFIROH, NAJWA (2018) PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV DI SDN CANDI PARI 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
Skripsi_Full[1].pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Al-Maghfiroh, Najwa. 2018 Pengaruh Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV di SDN Candi Pari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dosen Pembimbing Tri Linggo Wati, M.Pd. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran IPS di SDN Candi Pari 1 Sidoarjo guru menyajikan materi secara verbal (lisan), tidak menggunakan media pembelajaran, kurang berinteraksi dengan siswa saat proses pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru. Hasil pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS tergolong rendah, hal ini dapat dilihat dari kesimpulan wawancara yang disampaikan peneliti kepada guru kelas bahwa selama proses pembelajaran guru hanya menerangkan kemudian dilanjutkan dengan pemberian tugas. Berdasarkan analisis data uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Jadi dari hasil perhitungan melalui t-test didapat hasil t hitung sebesar 3,328 dan dibandingkan dengan t tabel sebesar 1,706 dapat disimpulkan Ha diterima dan HO ditolak, berarti ada pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Berdasarkan perhitungan besarnya Eta Squared sebesar 0,29 > 0,14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan perhitungan diatas menggunakan rumus Eta Squared diperoleh hasil 0,29. Dari hasil perhitungan dikonsultasikan dengan kriteria interpretasikan seberapa besar Eta Squared yang menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS IV di SDN Candi Pari 1 Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Kognitif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:11
Last Modified: 06 Apr 2018 06:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item