Konsep Pendidikan Islam Fazlur Rahman dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter

Widyantari, Asri Eka (2018) Konsep Pendidikan Islam Fazlur Rahman dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Tesis Lengkap - 158610800043.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Fazlur Rahman sebagai tokoh pembaharu Islam memiliki gambaran tentang perjalanan sejarah pendidikan. Ia juga menyebutkan bahwa pada substansinya pendidikan Islam itu bertujuan untuk memperbaiki moral manusia, ungkapannya “Karena penekanan al-Quran terhadap hukum moral-lah sehingga Allah menurunkan al-Quran”. Hal ini sejalan dengan pendidikan yang sedang berjalan di Indonesia, yaitu pendidikan karakter. Pendidikan karakter secara harfiah dapat diartikan merubah atau membentuk watak, perilaku, perangai, tabi’at, dan kepribadian seseorang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Sedangkan secara esensial pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kodratnya menuju ke arah peradaban manusia yang lebih baik. Pendidikan karakter memiliki makna lebih tinggi dari pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya berkaitan dengan masalah benar-salah, tetapi bagaimana menanamkan kebiasaan (habit) tentang hal-hal yang baik dalam kehidupan, sehingga anak/peserta didik memiliki kesadaran, dan pemahaman yang tinggi, serta kepedulian dan komitmen untuk menerapkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari. Dilihat dari penjelasan diatas, maka dapat diambil kesimpulan adanya relevansi antara konsep pendidikan yang di gagas oleh Fazlur Rahman dengan pengembangan proses pendidikan yang sekarang sedang diterapkan, yaitu pendidikan karakter. Integrasi inilah yang akan menjadi filter atas arus globalisasi saat ini. Kata kunci : Konsep Pendidikan Fazlur Rahman, Relevansi, Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Tesis
Uncontrolled Keywords: Konsep;Pendidikan;Fazlur;Rahman;Relevansi;Pendidikan;Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Postgraduate > Master's of Islamic Education
Depositing User: mpdi umsida
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:10
Last Modified: 06 Apr 2018 02:10
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item View Item