rofitasari, citra (2018) PENGARUH MODEL KOOPERATIF MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI SDN SUMORAME CANDI - SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
6.SKRIPSI LENGKAP - 138620600113.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan masalah yang ada di SDN Sumorame Candi Sidoarjo. Melalui wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas, ditemukan masalah dalam proses pembelajaran IPA yaitu siswa yang pasif dan materi yang diterima siswa hanya sebatas yang dijelaskan oleh guru tanpa adanya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Hal tersebut yang mengakibatkan hasil belajar siswa lebih rendah dari nilai minimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar tingkat pengaruh model kooperatif mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di SDN Sumorame Candi – Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental bentuk one group pretest – posttest design. Tempat penelitian di SDN Sumorame Candi – Sidoarjo. Populasinya kelas IV yang berjumlah 28.Tehnik sampling yaitu sampling jenuh. Sumber data dari hasil belajar kognitif pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar pretest dan posttest. Hal ini terbukti dari hasil data pretest yaitu dengan rata – rata 66. dan posttest dengan rata – rata 90,92 dan perhitungan N-gain diperoleh 0,71. Dalam hal ini Model kooperatif Mind Mapping berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN Sumorame Candi- Sidoarjo. Kata Kunci : Model Koopeatif Mind Mapping, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Model Koopeatif Mind Mapping; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 03:40 |
Last Modified: | 06 Apr 2018 03:40 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2742 |
Actions (login required)
View Item |