PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 4 SDN CELEP SIDOARJO

Anggara, Agus Muhamad Priya (2018) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 4 SDN CELEP SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
sekripsi lengkap 138620600121.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui profil Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 4 SDN Celep Sidoarjo dengan menerapkan metode pembelajaran eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini diperoleh dari kelas IV SD Negeri Celep Sidoarjo yang berjumlah 20 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh perhitungan dengan rumus N Gain pada penggunaan Metode Eksperimen yaitu sebesar 0,6. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat pengaruh sedang pada Metode Eksperimen terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen;Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:34
Last Modified: 05 Apr 2018 08:34
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2708

Actions (login required)

View Item View Item