PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (NHT) NUMBERED-HEAD TOGETHER BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP MOTIVASI BELAJARIPA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI SIDOARJO

UYUN, QURROTUL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (NHT) NUMBERED-HEAD TOGETHER BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP MOTIVASI BELAJARIPA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
SKRIPSI fix fix.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered-Head together(NHT) berbantuan alat peraga sederhana terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN kebonsari Sidoarjo. 2) menganalisis tingkat pengaruh Model Pembelajaran Numbered-Head together (NHT) berbantuan alat peraga sederhana terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN kebonsari Sidoarjo. Penelitian ini mengunakan rancangan penelitian Quasy Experiment dengan desaint posttestOnly Control Grub desaint. Jumlah populasi yang dijadikan objek penelitian adalah 51 siswa SDN Kebonsari Sidoarjo. Penelitian ini mengunakan teknik sampling yang dilakukan pada kelas V SDN Kebonsari Sidoarjo sebanyak 26 siswa kelas experiment dan 25 siswa kelas kontrol. Instrument yang di gunakan untuk menghitung motivasi belajar siswa peneliti mengunakan angket yang diberikan setelah penerapan model Numbered-head together. Hasil penelitian penunjukkan 1 ) Terdapat pengaruh yang besar terhadap motivasi belajar IPA siswa yang mengunakan model pembelajaran koperatif Numbered- head together (NHT) dan di peroleh hasil t hitung = 6,657 dibandingkan dengan t teble = 1,671 dengan taraf signifikal 5 % di ketahui bahwa t hitung lebih besar dari t table ( 6,657 ≥1,671) 2) ada pengaruh yang besar antara model pembelajaran Numbered-head together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN Kebonsari Sidoarjo. Di buktikan dari hasil perhitungan data mengunakan rumus Eta Squared diperoleh nilai 4,75>o,14 yang artinya ada pengaruh yang besar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran NHT Numbered-head together; motivas; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:08
Last Modified: 05 Apr 2018 03:08
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item