SARI, FITRI MAYA (2018) PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V DI SDN KEDUNG CANGKRING SIDOARJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.
Text
SKRIPSI LENGKAP-138620600236.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Dari hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Kedung Cangkring dalam kemampuan menulis puisi masih di temukan beberapa kendala dan hambatan siswa untuk menulis puisi, bahwa kemampuan menulis puisi masih rendah dan juga masih belum mencapai standart KKM, peserta didik juga belum dapat menyusun puisi yang benar-benar merupakan karya mereka sendiri dan masih kurang menguasai beberapa hal seperti pemilihan kata, penggunaan majas, dan pengimajinasian yang masih harus ditanamkan dalam diri peserta didik. kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sampai saat ini belum seperti yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dengan karakteristik kata yang tertulis dalam puisi masih sangat rendah. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis puisi tersebut itu disebabkan oleh kurangnya kefektifan dalam pembelajaran yang di ciptakan oleh guru, hal ini disebabkan karena penggunakaan metode atau strategi yang kurang tepat sehingga tidak dapat mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik, dalam pembelajaran menulis puisi guru biasanya cenderung bersifat teoritis, guru di dalam kelas hanya memberikan informasi tentang sastra dan hanya terpacu pada satu sumber yaitu buku pelajaran. Melihat permsalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui suatu Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Berbantuan Media Lagu Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V di SDN Kedung Cangring Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menurut Sugiyono metode penelitian kuantitatif merupakan metode yang berlandaskan filsafat positivisme. Metode ini digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian, analisis data statistik Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,101 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari (0,05) maka pengambilan keputusan adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya variabel metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI |
Uncontrolled Keywords: | Metode Sugesti Imajinasi; Media lagu; Menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 05 Apr 2018 06:56 |
Last Modified: | 05 Apr 2018 06:56 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2599 |
Actions (login required)
View Item |