Wulan, Inung Catur (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SETO HERITAGE DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA SELOLIMAN KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
This is the latest version of this item.
Text
Inung Catur Wulan 132022000013.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Seto Heritage dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di desa Seloliman Kabupaten Mojokerto. Salah satu destinasi wisata yang dikelola Seto Heritage adalah pendakian gunung Penanggungan dengan pintu masuk melalui Petirtaan Jolotundo di desa Seloliman yang mana jalur pendakian melalui situs bersejarah yang berada di sekitar gunung Penanggungan sekarang ini sudah mulai rusak dan terbengkalai karena adanya perlakuan dari beberapa masyarakat yang berpandangan negatif dimana situs bersejarah dianggap sebagai salah satu kepercayaan animisme dan dinamisme. Selain itu Desa Seloliman juga memiliki potensi wisata seperti warisan budaya dan situs bersejarah yang masih ada. Adanya hal tersebut membuat Seto Heritage ingin melestarikan lingkungan, situs bersejarah, budaya dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia desa Seloliman untuk membantu mengelola, menjaga dan melestarikan apa yang dimiliki desa Seloliman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Selanjutnya untuk menganalisa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan, peneliti menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Seto Heritage adalah dengan event sponsorship yaitu melakukan kerjasama dengan travel agent “Java Authentique” dan supplier outdoor “Consina” dalam pelaksanaan kegiatan pendakian gunung Penanggungan. Dari strategi yang digunakan tersebut diketahui bahwa Seto Heritage dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing khususnya dari Jerman dan Perancis untuk datang ke desa Seloliman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Seto Heritage; Event Sponsorship; Analisis SWOT |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > School of Communication Science |
Depositing User: | ikom umsida |
Date Deposited: | 04 Apr 2018 06:35 |
Last Modified: | 04 Apr 2018 06:35 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2543 |
Available Versions of this Item
- STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SETO HERITAGE DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA SELOLIMAN KABUPATEN MOJOKERTO. (deposited 04 Apr 2018 06:35) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |