MUFIDAH, RU'YATUL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (Realistic Mathematics Education) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN GADING KREMBUNG SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
RU'YATUL MUFIDAH (138620600160).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Gading Krembung karena hasil belajar kognitif dari sebagian siswa pada mapel matematika tepatnya materi perkalian dan pembagian rendah dan sistem pembelajaran yang kurang variatif. Jumlah subjek dalam penelitian ini ada 26 siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathemathic Education) dalam penelitian ini dengan tujuan agar siswa dalam kegiatan belajar lebih bersemangat, tertarik dan pembelajaran menjadi efektif. Sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian One Group PreTest-PostTest Design. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan metode tes berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji T. Sebelum peneliti memberikan perlakuan, hasil belajar siswa kelas IV SDN Gading pada mata pelajaran matematika yang mencapai KKM hanya 6 siswa. Sedangkan jumlah siswanya ada 26 anak. Setelah diberikan perlakuan, hasil belajar siswa kelas IV SDN Gading yang mencapai KKM ada 20 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa setelah diadakan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathemathic Education) rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 82,3. Data pretest dan postest dalam penelitian ini adalah berdistribusi normal. Karena hasil normalitas pretest yaitu Chi Kuadrat hitung 10,35 < Chi Kuadrat tabel 11,07 dan hasil normalitas posttest yaitu Chi Kuadrat hitung 6,08 < Chi Kuadrat tabel 11,07. Sedangkan hasil uji t pada penelitian ini adalah t hitung = 7,54 > t tabel 1,708, maka H1 di terima dan H0 di tolak yang artinya ada pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran RME (Realistic Mathemathic Education) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV mata pelajaran matematika SDN Gading Krembung Sidoarjo. Hasil uji besar pengaruh yaitu 0,695, jadi penelitian ini terdapat pengaruh yang besar atau signifikan dengan adanya penggunaan model pembelajaran RME (Realistic Mathemathic Education) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV mata pelajaran matematika SDN Gading Krembung Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran RME; Hasil Belajar Kognitif; dan Pembelajaran Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 04 Apr 2018 06:42 |
Last Modified: | 04 Apr 2018 06:42 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2527 |
Actions (login required)
View Item |