Implementasi Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDS Sabilur Rosyad Sidoarjo

Sodiq, Mochammad Ja'far (2018) Implementasi Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDS Sabilur Rosyad Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (138620600068).pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Ja’far. 2018. Implementasi media permainan monopoli terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDS Sabilur Rosyad Sidoarjo Tahun pelajaran 2017 – 2018. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dosen Pembimbing : Fitria Eka Wulandari, S.Si,M.Pd. Penelitian ini dilakukan dikarenakan terdapat permasalahan yang mempengaruhi tes hasil belajar siswa menjadi kurang yakni guru cenderung lebih aktif dan lebih menekankan pada pemberian tugas sehingga minimnya media pembelajaran atau alat peraga yang dapat digunakan untuk membantu menyampaikan pesan atau materi pembelajaran kepada siswa. Hal itu berdampak kepada siswa yang cenderung jenuh dan pasif disebabkan cara mengajar guru yang monoton sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Dari berbagai permasalahan tersebut tujuanpenelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh implementasi media permainan monopoli terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDS Sabilur Rosyad Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen One Group Pretest-Postest Desaign. Pengambilan sampel menggunakanNon-Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh karena populasi relatif lebih kecil yakni berjumlah 29 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data yaitu pretest (pengambilan data sebelum siswa diberi perlakuan) dan postest (pengambilan data setelah siswa diberi perlakuan). Rata-rata nilai saat sebelum diberi perlakuan (pretest) yakni 40 dengan nilai terendah adalah 25 dan tertinggi yaitu 55. Sedangkan rata-rata nilai setelah diberi perlakuan (posttest)meningkatyakni 85 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi yaitu 100.Hasil tes dihitung dengan menggunakan Uji N-Gain dimana nilai yang diperoleh sebesar 0,75 dan dikategorikan berpengaruh tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan guru menerapkan media permainan monopoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Media Permainan Monopoli, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Permainan Monopoli; Pembelajaran IPA; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 31 Mar 2018 01:17
Last Modified: 31 Mar 2018 01:17
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item