PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS III DI SDN KEDUNG CANGKRING

Abidin, Novi Andika Amalia (2018) PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS III DI SDN KEDUNG CANGKRING. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
138620600148 novi rev.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Abidin, Novi Andika Amalia. 2018. Pengaruh Media Film Dokumenter Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III di SDN Kedung Cangkring. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dosen Pembimbing Kemil Wachidah, M.Pd. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas III SDN Kedung Cangkring Kabupaten Sidoarjo bahwa kemampuan bercerita sangat kurang diminati oleh siswa. Selain menjadi hal yang sulit bagi siswa, siswa juga merasa malu jika diberi kesempatan untuk bercerita. Penyebab permasalahan tersebut adalah selama proses pembelajaran berlangsung guru hanya berceramah dan meminta siswa untuk mengerjakan tugas. Guru tidak menggunakan media yang sesuai agar dapat memudahkan siswa untuk mengekspresikan idenya dalam bentuk lisan. Padahal kemampuan bercerita merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam pelajaran bahasa Indonesia. Dengan bercerita seorang anak dapat mengungkapkan perasaan sesuai dengan apa yang mereka alami, rasakan, lihat, dan baca serta mengungkapkan kemauan dan pengalaman yang telah didapat. Dari permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan suatu penelitian untuk mengetahui Pengaruh Media Film Dokumenter Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III di SDN Kedung Cangkring. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kuantitatif. Populasi yang dijadikan objek penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas III SDN Kedung Cangkring. Teknik sampling penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas III. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes dan angket. Berdasarkan analisis data uji hipotesis deskriptif menunjukkan bahwa hasil rata-rata dari angket adalah penerimaan Ho (24 ≥ 1,729), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa media film dokumenter yang digunakan di kelas III SDN Kedung Cangkring paling rendah 70% dari yang diharapkan dapat diterima, atau tidak terdapat perbedaan antara yang diduga dalam populasi dengan data yang terkumpul dari sampel. Sedangkan pada uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa hasil rata-rata tes adalah Ho (2,86 ≥ 1,729) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa kemampuan bercerita siswa kelas III di SDN Kedung Cangkring paling rendah 81 dari yang diharapkan dapat diterima. Kata Kunci: Media Film Dokumenter, Kemampuan Bercerita ABSTRACT Abidin, Novi Andika Amalia. 2018. The Influence of Documentary Film on the Ability to Tell of the Students of Class III in SDN Kedung Cangkring.. Thesis, Primary School Teacher Education Department, Faculty of teacher training and educational sciences, University of Muhammadiyah Sidoarjo. Supervisor Kemil Wachidah, M.Pd. The results of observations conducted by researchers in class III SDN Kedung Cangkring Sidoarjo that the ability to tell very less interested by students. In addition to being difficult for students, they also feel embarrassed if given the opportunity to tell stories. The problem is the teachers only explain and ask to the students for doing their duty. The teachers do not use appropriate media to make it easier for students to express their ideas in oral form. The ability of telling is the important aspect for Indonesian education. The students be able to express like what they did, felt, saw and read by telling their experience. From those problem, the researchers conducted a research to find out the influence of documentary film on the ability to tell of the students of class III in SDN Kedung Cangkring. This research used descriptive kuantitatif. The population that be the objek of this research as many as 20 of the students of class III. Techniques sampling of this research is saturation sampling which is use all of the student in class III. The instrument that used in this research is test and questionnaire. Based on data analys of descriptive hypothesis that indicats the average result of questionnaire is acceptance Ho (24 ≥ 1,729), so Ho is accepted and Ha is rejected. The hypothesis that indicates documentary film media is used at III grade SDN Kedung Cangkring the lowest is 70% than expected be able to accepted or there is no difference between population with sample data. Meanwhile, on the second hypothesis show that the average result of the test is Ho (2,86 ≥ 1,729), then Ho is accepted and Ha is rejected. So the hypothesis that indicate skill of telling III grade student at SDN Kedung Cangkring the lowest is 81 than expected be able to accepted.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Film Dokumenter; Kemampuan Bercerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: fkip 2017
Date Deposited: 03 Apr 2018 04:44
Last Modified: 03 Apr 2018 04:44
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item