PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 5 PORONG

Syafii, ARDILLAH HANI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 5 PORONG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 138620600047.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Syafi’i, Ardillah. Hani. 2018. “Pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Muhammadiyah 5 Porong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dosen Pembimbing Mahardika Darmawan KW, M.Pd. Pembelajaran PKn di SD Muhammadiyah 5 Porong menunjukkan adanya permasalahan antara lain: siswa lemah dalam memahami materi jika tidak dijelaskan secara berulang-ulang dan guru tidak menggunakan metode yang menarik bagi siswa. Sementara hasil belajar dari beberapa siswa pada tingkat kognitif masih mendapat nilai dibawah KKM. Berasal dari fakta tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar materi peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah PKn siswa kelas V di SD Muhammadiyah 5 Porong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pre-experimental design bentuk one group pretest posttest, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Muhammadiyah 5 Porong yang berjumlah 12 siswa. Dari data yang diperoleh dan dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan rumus perhitungan uji N-gain diperoleh hasil sebesar 0,71 dimana hasilnya dapat diukur dengan presentasi kriteria N-gain, bahwa hasil tersebut menunjukkan bahwa metode mind mapping berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa Pkn siswa kelas V di SD Muhammadiyah 5 Porong. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh penerapan metode mind mapping yang berkriteria tinggi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Muhammadiyah 5 Porong. Kata kunci : Metode Mind Mapping. Hasil Belajar, PKn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping; Hasil Belajar; PKn;
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:09
Last Modified: 28 Mar 2018 03:09
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item