Santosa, Nyong Eka Teguh Iman (2008) KTSP dan Pergeseran Paradigmatik Filosofi Pendidikan di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
ktsp dan pergeseran paradigmatik filosofi-2008.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (53kB) | Preview |
Abstract
KTSP sebagai konstruksi formal penyempurnaan KBK, secara konseptual dan teoritis menampakkan orientasi pengembangan dan sekaligus penyesuaian dengan trend pendidikan kotemporer. Kurikulum ini lebih mengakomodasi perkembangan paling aktual di dunia pemikiran pendidikan. Harapannya tentulah pendidikan di tanah air ini lebih maju dan mampu menyiapkan generasi mudanya lebih siap menghadapi akselerasi interaksional di tingkat global yang memang meniscayakan kompetensi dan kualifikasi kompetitif. Zaman sekarang adalah sebuah era yang akan berpihak pada mutu dan kualitas. Sebagaimana produk kurikulum sebelumnya, KTSP bukan tanpa kekurangan. Di samping berbagai kelebihan yang dimilikinya, beberapa aspek kelemahan patut menjadi pencermatan para pemerhati dan praktisi pendidikan untuk mampu mengelolanya secara tepat dan cerdas. Tetapi lepas dari kelebihan dan kekurangannya, salah satu aspek kekuatan dan kekhasan yang dimiliki oleh KTSP yang patut diapresiasi adalah keberpihakannya pada guru dan tenaga pendidik lainnya untuk mampu lebih artikulatif dalam menuangkan kreativitas dan kemampuan edukatifnya guna menstimuli dan mengantar peserta didiknya menjadi lebih mandiri dan memiliki konsep diri dan belajar yang berkemajuan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education |
Depositing User: | Nyong Eka Teguh Iman Santosa |
Date Deposited: | 21 Jan 2017 04:11 |
Last Modified: | 21 Jan 2017 04:11 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/182 |
Actions (login required)
View Item |