Aksesibilitas Informasi Publik Berbasis E-Government dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kabupaten Sidoarjo

Laiely Cahyani, Ely (2016) Aksesibilitas Informasi Publik Berbasis E-Government dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kabupaten Sidoarjo. Aksesibilitas Informasi Publik Berbasis E-Government dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kabupaten Sidoarjo, - (-). ---. ISSN -

[img]
Preview
Text
LAIELY CAHYANI REVIEW 5.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Aksesibilitas informasi publik, e-government, partisipasi masyarakat, dan pembangunan infrastruktur jalan merupakan beberapa isu pelayanan prima yang menjadi perhatian masyarakat maupun pemerintah pusat/daerah untuk mewujudkan tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik. E-goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. E-government bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat karena informasi disediakan 24 jam, keterbukaan antara pemerintah dan masyarakat sehingga bisa membangun rasa saling percaya, memberdayakan masyarakat dengan informasi yang diperoleh, bisa memberikan informasi pengaduan atau keluhan pada keadaan di lingkungan, serta untuk mewujudkan birokrasi pemerintahan yang efektif dan efisien, diperlukan penerapan e-government secara masif, terstruktur dan sistematis. Dalam penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan kapasitas, budaya, dan struktur birokrasi dalam aksesibilitas informasi publik berbasis e-government untuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pertama penggunaan e-government dapat meningkatkan informasi publik yang berkualitas dan aksesibilitas, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Kedua semakin meningkat kemampuan masyarakat dalam mengakses informasi publik yang berkualitas melalui media e-government, partisipasi masyarakat dalam pembangunan menjadi menurun dengan nilai negatif lemah. Ketiga, partisipasi masyarakat berbasis e-government yang paling tinggi adalah pencarian informasi dan keberdayaan masyarakat dalam menyampaikan informasi yang terkait dengan aspirasi, harapan, dan kebutuhan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: accessibility, public information, e-government, and public participation
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Science > School of Communication Science
Depositing User: ikom umsida
Date Deposited: 04 Feb 2018 18:07
Last Modified: 04 Feb 2018 18:07
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1404

Actions (login required)

View Item View Item