Murotal Al-Qur’an Surat Ar-Rahman dan Inhalasi Aromaterapi Lavender (Lavendula Augustfolia) dalam Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif

Rafhani Rosyidah, RR Murotal Al-Qur’an Surat Ar-Rahman dan Inhalasi Aromaterapi Lavender (Lavendula Augustfolia) dalam Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif. Midpro.

[img] Text
7. Murotal Al Quran Surat Ar Rahman dan Lavender Terhadap Nyeri.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Persalinan merupakan proses alami dan menimbulkan nyeri, namun banyak ibu yang tidak bisa menahan rasa nyeri tersebut karena dipengaruhi oleh stres. Pada penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan terapi penghilang nyeri secara non famakologis, yakni dengan menggunakan aromaterapi yang dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri, penelitian ini mencoba membandingkan antara terapi murotal Al-Qur'an Surat Ar-rahman dan inhalasi aromaterapi lavender menurunkan intensitas nyeri persalinan pada kala I fase aktif. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimental dengan metode Nonequivalent Control Group Design menggunakan pretest – posttest. Populasi ibu bersalin kala I fase aktif di RB Nuril Masrukha Candi Sidoarjo yang memenuhi kriteria inklusi. Tehnik pengambilan sampel consecutive sampling. Data dikumpulan dengan mengobservasi 2 kelompok ibu bersalin yaitu : 30 responden mendengarkan murottal surah Ar-Rahman dan 30 responden inhalasi Aromaterapi Lavender. Pada kedua kelompok dilakukan pretest sebelum diberikan perlakuan, kemudian dilakukan posttest setelah diberikan perlakuan menggunakan lembar observasi penilaian skala nyeri dengan observasi perilaku (FLACC behavioral scale). Analisis data menggunakan Independent Sample T- Test dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan selisih penurunan skor nyeri pada inhalasi aromaterapi lavender 3.26±0.25, sedangkan pada kelompok murottal surah Ar-Rahman rerata penurunan skor nyeri yakni 2.62±0.057 dengan nilai P<0,001 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini inhalasi aromaterapi lavender (Lavendula Augustfolia) dan murottal surah Ar-Rahman dapat menurunkan intensitas nyeri persalinan kala 1 fase aktif, namun pada kelompok inhalasi aromaterapi lavender mempunyai skor penurunan nyeri lebih besar dibandingkan kelompok muraottal surah Ar-Rahman.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Health Science > School of Midwifery
Depositing User: Rafhani Rosyida
Date Deposited: 01 Apr 2024 09:36
Last Modified: 01 Apr 2024 09:36
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item