MODEL PENGUATAN KELEMBAGAAN INDUSTRI KREATIF KULINER SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN EKONOMI DAERAH

Isa, Muzakar (2016) MODEL PENGUATAN KELEMBAGAAN INDUSTRI KREATIF KULINER SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN EKONOMI DAERAH. In: Seminar Nasional Ekonomi Bisnis 2016, 17 September 2016, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Muzakar Isa_352-361 fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Image
COVER PROSIDING SNEB & CFP FEB UMSIDA 2016.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_EDITORIAL_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (462kB) | Preview

Abstract

Industri kreatif menjadi pokok bahasan penting dalam upaya meningkatkan pertumbuh¬an ekonomi Kota Surakarta. Industri kreatif di Kota Surakarta diyakini memberikan kontribusi yang sifnifikan terhadap perekonomian daerah. Salah satu bidang yang cukup menarik perhatian adalah industri kreatif pada sektor kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model penguatan kelembagaan industri kreatif sebagai upaya pengembangan ekonomi daerah. Pengumpulan data dilakukan melalui in-depth interview dan penyelenggaraan focused group discussion (FGD). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan industri kreatif Kota Surakarta melibatkan peran berbagai elemen seperti pemerintah, lembaga keuangan, asosiasi, mass media, agen (agen wisata dan evet organizer), serta lembaga pendidikan dan pelatihan. Setiap elemen memiliki peran yang berbeda beda dalam mendukung berkembangnya sektor industri kreatif di Kota Surakarta. Peran dari semua stakeholder dalam pengembangan industri kreatif Kota Surakarta saling terkait dan bersinergi. Kata Kunci: Industri Kreatif, Industri Kuliner, Kelembagaan, Model

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Industri Kreatif; Industri Kuliner; Kelembagaan; Model.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Economics and Business > School of Management
Depositing User: Dewi Komalasari
Date Deposited: 10 Nov 2016 10:24
Last Modified: 10 Nov 2016 10:24
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item