HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERTUMBUHAN TINGGI BADAN BALITA USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU DESA KETIMANG KECAMATAN WONOAYU SIDOARJO

Fadillah, Roma Dinda HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERTUMBUHAN TINGGI BADAN BALITA USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU DESA KETIMANG KECAMATAN WONOAYU SIDOARJO. Skripsi. (Submitted)

[img] Text
161540100028 Roma Dinda F.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pertumbuhan adalah bertambah banyak dan besarnya sel seluruh bagian tubuh yang bersifat kuantitatif dan dapat diukur. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan adalah status gizi. Dari data awal, ditemukan 22,95% gizi kurang pada tahun 2018 di desa Ketimang, sedangkan target dari pemerintah 9,5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan pertumbuhan tinggi badan balita usia 1-5 tahun di Posyandu desa Ketimang. Metode penelitian ini menggunakan desain analitik pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan KMS untuk menilai status gizi balita sedangkan untuk menilai pertumbuhan balita dilakukan pengukuran tinggi badan menggunakan alat ukur tinggi badan portabel. Besar sampel 59 balita berusia 1-5 tahun. Data disajikan dengan table frekuensi dan tabulasi silang, selanjutnya dianalisis menggunakan uji exact fisher dengan tingkat kesalahan α = 0,05. Dari hasil uji exact fisher didapatkan nilai p = 0,001 yang artinya ada hubungan status gizi dengan pertumbuhan balita (TB) usia 1-5 tahun di Posyandu desa Ketimang. Balita yang pertumbuhannya normal lebih banyak pada balita dengan status gizi normal (85%) dibanding balita dengan status gizi tidak normal (25%). Dan pertumbuhan yang tidak normal lebih banyak pada balita dengan status gizi tidak normal (75%) disbanding dengan balita status gizi normal (15%). Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan status gizi dengan pertumbuhan balita (TB) usia 1-5 tahun. Orang tua harus berupaya memenuhi gizi anak agar pertumbuhannya baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan (TB) balita, Status gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Faculty of Health Science > School of Midwifery
Depositing User: Bulqis Pustakawan Umsida
Date Deposited: 02 Oct 2023 10:46
Last Modified: 02 Oct 2023 10:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item View Item