Analisis Klasifikasi Perkara Hak Cipta, Merek, dan Paten di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat: Studi Kasus berdasarkan Data Perkara Hak Cipta, Merek, dan Paten

Yulianti, Yinta Syifaudiana (2023) Analisis Klasifikasi Perkara Hak Cipta, Merek, dan Paten di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat: Studi Kasus berdasarkan Data Perkara Hak Cipta, Merek, dan Paten. UMSIDA.

[img] Text
artikel 18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis klasifikasi perkara hak cipta, merek, dan paten di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat melalui pengumpulan data dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan membandingkannya dengan Pengadilan Negeri Makassar, Semarang, dan Surabaya. Penelitian ini juga memperhatikan perbedaan jumlah perkara yang ditangani oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam konteks hak cipta, merek, dan paten. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data dari SIPP Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Makassar, Semarang, dan Surabaya, yang kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi klasifikasi perkara di masing-masing pengadilan. Hal ini menunjukkan variasi klasifikasi perkara hak cipta, merek, dan paten antara pengadilan tersebut, serta Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memiliki jumlah perkara yang lebih banyak. Penelitian ini juga menguji legalitas jual beli benda virtual menggunakan Real Money Trading (RMT) dalam konteks game online Mobile Legends. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang klasifikasi perkara dan legalitas jual beli benda virtual melalui RMT di Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > School of Legal Studies
Depositing User: admin eprints
Date Deposited: 13 Sep 2023 12:06
Last Modified: 13 Sep 2023 12:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/12373

Actions (login required)

View Item View Item