Membahas tentang Pelanggaran Hak Cipta atas Jenis Ciptaan Karya Tulis dan Program Komputer Mengenai Cara Pemesanan Ojek Online/Order (On Demand Services).

Ghifari, Moch. Hubaib Al (2023) Membahas tentang Pelanggaran Hak Cipta atas Jenis Ciptaan Karya Tulis dan Program Komputer Mengenai Cara Pemesanan Ojek Online/Order (On Demand Services). UMSIDA.

[img] Text
ARTIKEL 34.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kepastian hukum mengenai siapa sebenarnya pencipta dan pemegang hak cipta dari Aplikasi Gojek-PT Karya, serta bagaimana seharusnya hakim mempertimbangkan ketentuan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (Hak Cipta). hukum) dalam memeriksa dan memutus perkara. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis normatif dengan mengandalkan data sekunder atau studi Referensi. Penggugat masih menjadi pemilik ojek online, dan Tergugat juga merupakan Pencipta dan Pemegang Hak Cipta Aplikasi Gojek-PT Anak Bangsa. Apabila tidak ditemukan fakta atau hukum yang dapat membuktikan bahwa Tergugat telah melakukan pelanggaran Hak Cipta, maka gugatan Penggugat disebut pencemaran nama baik tidak jelas, tidak jelas/kabur. Penggugat juga akan ditunjuk sebagai pihak yang tidak memiliki kedudukan hukum atau pihak yang berkepentingan mengajukan gugatan ad hoc (Pasal 97 ayat (1) UU Hak Cipta).

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > School of Legal Studies
Depositing User: admin eprints
Date Deposited: 13 Sep 2023 10:10
Last Modified: 13 Sep 2023 10:10
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item View Item