Re-BrandingProduk Sebagai Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Jamu di Dusun Kedurus Kabupaten Sidoarjo

Pratiwi, Laras Reynard and Putri, Lidzikirllah Fannayu and Wati, Deby Fatimah and Wulandari, Ria (2023) Re-BrandingProduk Sebagai Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Jamu di Dusun Kedurus Kabupaten Sidoarjo. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7 (2). pp. 588-596. ISSN 2599-0764

[img] Text
Re-Branding Produk Sebagai Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Jamu.pdf

Download (386kB)

Abstract

Salah satu produk UMKM yang dihasilkan warga Dusun Kedurus adalah jamu instan. Jamu berbentuk serbuk yang dikemas dalam plastik standing pouch dan terdapat label varian jamu. Tampilan label sangat sederhana yaitu hanya berisi nama dan khasiat jamu tanpa keterangan lain seperti komposisi, cara penyajian, tanggal kadaluwarsa, dan logo halal. Pemberian label yang tidak menarik dapat menurunkantingkat kepercayaan pembeli yang akan berdampak dalam proses penjualan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaharui label dan pemasaran jamu. Pengelola jamu mengikuti kegiatan sosialisasi dan diberikan pendampingan dalam pembuatan label, pengurusan NIB (nomor induk berusaha), SNI (standar nasional Indonesia), SPPL (surat pernyataan kesanggupan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup),dan pembuatan akun media sosial. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah label jamu memiliki tampilan yang lebih menarik, telah mengajukan pengurusan NIB, SNI, SPPL, serta memasarkan jamu melalui sosial media.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: Ria Wulandari
Date Deposited: 26 Jun 2023 18:45
Last Modified: 26 Jun 2023 18:45
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item View Item