ANALISIS HUKUM TERHADAP PERLINDUNGAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI BIDANG MEREK BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)

Ningsih, Siti Herdiana and Purwaningsih, Sri (2023) ANALISIS HUKUM TERHADAP PERLINDUNGAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI BIDANG MEREK BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). UMSIDA.

[img] Text
ARTIKEL 26.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (185kB)

Abstract

HKI dan produk perdagangan saat ini memiliki hubungan yang sangat erat. Untuk sampai ketangan konsumen, produk perdagangan yang berkaitan dengan invenstasi dalam bidang teknologi memerlukan Hak atas Paten, sedangkan untuk membedakan kualitas produk perdagangan dari sisi keterjaminan original dan labeling maka diperlukannya Hak atas Merek, dan dalam halnya membentuk suatu kreasi berwujud yang berkaitan dengan seni pada produk perdagangan, agar kreasi tersebut memiliki kekuatan yang tetap maka diperlukan Hak atas Desain. Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa produk perdagangan memiliki hubungan keterkaitan dengan HKI dari awal proses produksi hingga sampai ke tangan konsumen.[1] Dalam dunia perdagangan, merek sebagai salah satu bentuk kekayaan intelektual telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu dan mempunyai peranan yang penting dalam membedakan asal usul barang dan jasa. Sebuah merek dapat menjadi kekayaan yang sangat berharga secara komersial dan seringkali mereklah yang membuat harga suatu produk menjadi mahal bahkan lebih bernilai dibandingkan dengan perusahaan tersebut.[2] Perkembangan kegiatan perdagangan barang dan jasa di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan karena perkembangan teknologi informasi dan sarana transportasi yang menyebabkan aktivitas di sektor perdagangan, baik barang maupun jasa mengalami perkembangan yang sangat signifikan

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > School of Legal Studies
Depositing User: admin eprints
Date Deposited: 29 May 2023 11:10
Last Modified: 29 May 2023 11:10
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/11887

Actions (login required)

View Item View Item