Akibat Hukum Bagi Teller Bank yang Telah Lalai Pada Saat Memasukan Data Transaksi Keuangan Hingga Terjadi Kesalahan dalam Transfer

Cahyo, Melanie Merliya (2023) Akibat Hukum Bagi Teller Bank yang Telah Lalai Pada Saat Memasukan Data Transaksi Keuangan Hingga Terjadi Kesalahan dalam Transfer. UMSIDA.

[img] Text
ARTIKEL 20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (181kB)

Abstract

Sebagai teller bank dalam pekerjaannya tidak luput dari kesalahan kemungkinan besar akan membuat kesalahan dalam memasukkan data transaksi keuangan hingga terjadinya kesalahan transefer. Kesalahan semacam ini bisa terjadi karena dengan berbagai alasan, seperti kesalahan pribadi, tekanan kerja atau gangguan konsentrasi. Kesalahan transfer bisa berupa jumlah nominal uang yang salah, nomor rekening yang salah, atau jenis transaksi yang salah. Akibatnya, uang bisa ditransfer ke rekening yang tidak seharusnya atau dalam jumlah yang tidak seharusnya. Tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh teller dalam proses transaksi keuangan bisa berakibat pada hukuman administratif, hukuman pidana, atau gugatan perdata dari nasabah. Terjadinya kejadian terkait kesalahan teller bank dalam melakukan transfer dana. Pada tanggal 17 Maret 2020 di surabaya, terdapat peristiwa yang dimana pegawai bank telah melkakukan kesalahan menstranfer dana hingga mengakibatkan nasabah mendapatkan hukuman pidana. Pihak bank BCA melakukan setoran kliring yang tersasar ke rekening nasabah lain bernama Ardi Pratama, Pengirim uang tersebut dilakukan oleh back office BCA yang berinisial NK. NK mengaku salah input nomor rekening yang berbeda dua digit di belakangnya. Singkatnya Ardi telah memakai uang tersebut senilai Rp. 51.000.000,- dengan sengaja yang sudah di ketahui bahwa uang tersebut merupakan kesalahan transfer. Pada tahun 2019 di medan, terdapat peristiwa yang sama dengan kasus Ardi namun bedanya pada kasus ini mengakibatkan nasabah didenda Rp 4 miliar.

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > School of Legal Studies
Depositing User: admin eprints
Date Deposited: 29 May 2023 11:02
Last Modified: 29 May 2023 11:02
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/11881

Actions (login required)

View Item View Item