Utomo, Ido Wisnu (2023) Hubungan Hukum Hak Kompensasi Pembeli dengan Pemilik E-Commerce: Studi Platform Shopee. UMSIDA.
Text
ARTIKEL 9.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (132kB) |
Abstract
Di era modern, belanja online telah menjadi tren baru yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu keuntungan dari belanja online adalah tersedianya voucher, diskon, dan gratis ongkos kirim yang ditawarkan oleh pasar online seperti Shopee. Namun, ketidaksesuaian produk dapat terjadi ketika barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan, barang yang salah dikirim, atau ukuran produk yang tidak sesuai. Untuk menghindari kekecewaan pelanggan, Shopee menyediakan fitur pengembalian barang dan dana, bahkan dengan sistem COD. Pelanggan dapat mengajukan pengembalian dengan alasan produk tidak lengkap/kosong, dan pengembalian barang dan dana akan secara otomatis disetujui oleh sistem. Namun, terdapat beberapa masalah yang dapat muncul saat melakukan pengembalian barang di Shopee. Misalnya, terkadang pengajuan pengembalian dengan alasan produk tidak lengkap/kosong dapat dibatalkan oleh Shopee, meskipun perusahaan tersebut menyatakan bahwa pengembalian barang dan dana akan otomatis disetujui oleh sistem. Hal ini dapat mengecewakan pelanggan. Oleh karena itu, pelanggan perlu memperhatikan syarat dan ketentuan pengembalian barang di Shopee untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > School of Legal Studies |
Depositing User: | admin eprints |
Date Deposited: | 29 May 2023 10:41 |
Last Modified: | 29 May 2023 10:41 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/11870 |
Actions (login required)
View Item |