Perlindungan Hukum bagi Atlet E-Sport Muda dalam Konteks Eksploitasi Akademik: Perspektif Undang-Undang dan Peraturan PBESI

Hanryanti, Anggelita (2023) Perlindungan Hukum bagi Atlet E-Sport Muda dalam Konteks Eksploitasi Akademik: Perspektif Undang-Undang dan Peraturan PBESI. UMSIDA.

[img] Text
Artikel 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (124kB)

Abstract

E-sport merupakan suatu olahraga baru di bidang elektronik yang melibatkan kompetis i permainan video game. Saat ini, e-sport telah menjadi fenomena global yang semakin popul er dan banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa[1] . Antusiasme terhadap e-sport semakin tinggi, sehingga tidak mengherankan jika terdapat at let-atlet muda yang bergabung dalam perusahaan e-sport untuk mengembangkan minat mereka te rhadap dunia game[2]. Perusahaan-perusahaan tersebut melihat potensi dan bakat yang dimili ki oleh atlet-atlet muda ini, dan mereka memberikan dukungan dan pelatihan untuk mengasah keterampilan mereka dalam kompetisi e-sport. Di Indonesia, saat ini peraturan mengenai e-sport masih terbatas pada pelaksanaan k egiatan e-sport itu sendiri[3]. Belum ada regulasi yang secara khusus mengatur lamanya jam bermain bagi atlet e-sport, terutama untuk atlet e-sport muda yang masih bersekolah[4]. Ko ndisi ini dapat menjadi celah terjadinya eksploitasi jam akademik[5]. Perusahaan-perusahaa n e-sport dapat dengan bebas mengatur jam bermain atlet sesuai keinginan mereka tanpa memp ertimbangkan hak akademik yang seharusnya dijamin.

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > School of Legal Studies
Depositing User: admin eprints
Date Deposited: 29 May 2023 08:50
Last Modified: 29 May 2023 08:50
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/11821

Actions (login required)

View Item View Item