Rahmadhin, Akbar (2023) Bagaimana NFT mempengaruhi hak kekayaan intelektual terkait dengan penemuan dan inovasi dalam industri teknologi? UMSIDA.
Text
Artikel 30.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (151kB) |
Abstract
NFT atau yang bisa disebut Non-Fungible Token memiliki pengertian sebagai aset digital yang diperjual belikan dalam NFT membutuhkan perwakilan agar memiliki nilai jual yang tinggi, dalam hal ini tentunya NFT berpengaruh pada Hak Atas Kekayaan Intelektual yang dimana karena adanya proses jual beli melalui NFT aset atau karya tersebut akan memiliki nilai tukar yang tinggi. Oleh karena itu NFT memiliki pengaruh yang cukup besar pada HKI. NFT dapat merevolusi kepemilikan aset digital, tetapi juga menimbulkan pertanyaan tentang kekayaan intelektual, privasi, dan pajak. Seiring berkembangnya kepemilikan NFT, pembeli dan penjual harus memahami hak dan kewajiban hukum mereka dan menghindari pelanggaran hak kekayaan intelektual orang lain. (Multazam, 2022) Ada beberapa peluang bisnis yang bisa didapatkan masyarakat, salah satunya adalah NFT. NFT adalah NFT atau Non-Fungible Token adalah token (berdasarkan kode program pada blockchain) yang mewakili file digital, termasuk foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, dan game. Dengan demikian, NFT merupakan aset berbasis digital sehingga relatif mudah untuk diperdagangkan karena tidak membutuhkan real space yang lebih mahal. Sedangkan metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder berdasarkan fenomena dengan menggunakan analisis dari referensi yang relevan. Hasil penelitiannya, NFT merupakan salah satu peluang bisnis yang paling mudah dilakukan di era metaverse.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > School of Legal Studies |
Depositing User: | admin eprints |
Date Deposited: | 28 May 2023 18:02 |
Last Modified: | 28 May 2023 18:02 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/11769 |
Actions (login required)
View Item |